jual cocopeat bogor

Jual cocopeat Bogor – Metode tanam hidroponik belakangan sedang banyak digeluti para pecinta tanaman. Hidroponik merupakan media tanam yang memanfaatkan air sebagai media utamanya dengan menekan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sehingga, tanah tidak digunakan sebagai media tanamnya. Namun demikian, media tanam hidroponik dikenal dengan berbagai macam jenis. Salah satu media tanam hidroponik yang bisa diterapkan adalah cocopeat.

Cocopeat adalah nama lain dari serbuk serabut kelapa yang dihaluskan menyerupai tanah dan bisa menggantikan tanah sebagai media tanam. Cocopeat termasuk dalam media tanam hidroponik yang sifatnya organik, karena terbuat dari serabut kelapa. Media tanam yang satu ini juga termasuk media tanam ramah lingkungan. Jika sudah tidak digunakan sebagai media tanam, bahan ini dapat terdegradasi dalam tanah dengan baik. Selain itu, cocopeat juga bisa didaur ulang untuk digunakan kembali sebagai media tanam yang baru dengan melalui proses tertentu.

Bentuk dan variasi yang terdapat di toko jual cocopeat Bogor bermacam-macam. Karena terbuat dari bahan dasar sabut kelapa yang dihaluskan atau serbuk, maka memungkinkannya dibentuk sesuai kebutuhan. Biasanya, cocopeat dijual dalam bentuk kemasan curah dengan bentuk balok, lempengan papan, dan lempengan cakram. 

Penggunaan Cocopeat dalam Metode Hidroponik

Dalam penggunaannya pada metode hidroponik, cocopeat bisa bekerja cukup maksimal. Hal ini karena cocopeat mampu berfungsi sebagai penahan air yang baik atau memiliki sifat hidrofilik. Jika ditambahkan air, media tanam ini mampu basah dengan cepat dan menyerap hingga 8 sampai 9 kali lebih berat. Kelembapannya atau daya serap airnya akan bertahan lebih lama, yaitu sekitar 73% dari air yang diberikan dibandingkan media tanam tanah. Meski begitu, hindari pemberian air yang berlebihan, karena pada tanaman tertentu bisa menyebabkan busuk akar.

Selain itu, cocopeat juga mampu mengikat dan menyimpan oksigen di udara hingga 50% lebih baik dibandingkan tanah yang hanya 2 sampai 3%. Hal ini tentu sangat baik untuk tanaman dapat bertumbuh dengan sempurna. Itulah mengapa, cocopeat dianggap sangat cocok untuk digunakan pada metode tanam hidroponik.

Untuk menggunakannya pada metode tanam hidroponik, pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci cocopeat dengan menggunakan air bersih. Tujuannya guna membersihkannya dari unsur kimia yang kelak sangat mungkin menghambat pertumbuhan tanaman. Kemudian, campurkan cocopeat dengan media tanam lain agar hasilnya lebih maksimal. Campuran cocopeat dengan sekam atau pasir sangat disarankan, karena daya ikat sekam dan pasir yang tidak terlalu tinggi. Tidak disarankan menggunakan menggunakan netpot hidroponik karena bahannya bisa ikut bersama nutrisi. Maka, sebaiknya terapkanlah hidroponik dengan metode drip dan aeroponik agar hasilnya baik.

Harga Jual Cocopeat Bogor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak toko jual cocopeat Bogor yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada metode tanam hidroponik. Cocopeat biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar Rp 900 hingga Rp 1.500-an per kilogramnya untuk cocopeat curah. Sedangkan, untuk cocopeat balok, biasanya dijual lebih tinggi, sekitar Rp 2.000 hingga Rp. 3.000an per kilogramnya. Biasanya berat cocopeat balok sekitar 5 kilogram atau lebih dengan pilihan ukuran 30x30x15 cm atau 30x30x20 cm.

Perlu diketahui juga, sebanyak 1 kilogram cocopeat balok setara dengan 1,5 kilogram cocopeat curah. Kemudian, berat per 1 kilogram cocopeat, biasanya jika diurai dengan air sebagai media tanam bisa menjadi 15 liter cocopeat basah.

Jika anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan coco peatcoco fiber dan produk turunan kelapa lainnya, silahkan klik link Whatsapp berikut untuk langsung terkoneksi dengan kami: (Fajar Stevano) atau email: [email protected]

Connect with Us!
Hi, thank you for visiting Indococo website
Just hit Connect with Us! button and tell us what can we do to help you.