jual cocopeat biomassa campuran batu bara

Indococo menjadi supplier jual cocopeat biomassa campuran batu bara untuk pabrik semen guna mendukung pengurangan ketergantungan bahan bakar fosil.

Indococo merupakan supplier jual cocopeat biomassa campuran batu bara untuk pabrik semen. Permintaan ini pun terus meningkat seiring dengan makin banyaknya penggunaan cocopeat sebagai bahan bakar alternatif.

Cocopeat Menjadi Komoditas Ekspor

Cocopeat merupakan serat alami yang dihasilkan dari proses ekstraksi sabut kelapa dari sekam. Sabut kelapa yang berserat dicuci terlebih dahulu, lalu dikeringkan menggunakan mesin sebelum diayak. Tentunya, pengolahan sabut kelapa tersebut juga memastikan bahwa hasil produk bebas dari kontaminasi seperti pasir dan sisa hewan serta tumbuhan.

Produk sampingan kelapa ini pun menjadi salah satu inovasi setelah cukup lama sabut kelapa hanya dianggap sebagai limbah tak bernilai. Cocopeat bahkan menjadi salah satu komoditas ekspor yang kian banyak dicari. Di tengah pandemi ini pun, misalnya, cocopeat masih menerima permintaan tinggi seperti dari Dubai.

Media Tanam Alami

Dominasi penggunaan cocopeat saat ini adalah sebagai media tanam multiguna yang 100% alami. Dalam praktiknya, cocopeat dapat digunakan sebagai pelengkap maupun pengganti tanah sepenuhnya.

Lantas, apa saja keunggulan cocopeat sebagai media tanam?

Mudah Menyerap dan Menyerap Air

Cocopeat mampu menyimpan dan mempertahankan air hingga 10 kali lipat dibandingkan tanah. Karakter ini tentu menjadi keunggulan penting terutama untuk tanaman yang tumbuh menggunakan sistem hidroponik. Dengan begitu, akar tanaman akan tetap terhidrasi dengan baik sehingga tidak cepat kering.

Lebih Tahan Terhadap Serangan Hama

Salah satu risiko saat merawat tanaman adalah berperang dengan serangan hama. Berita baiknya, beberapa jenis hama yang biasa ditemukan di tanah tidak dapat bertahan di dalam cocopeat.

Ramah Lingkungan

Cocopeat yang terbuat dari bahan organik membuatnya dapat terdegradasi dengan baik apabila sudah tidak digunakan. Namun, jika ingin kembali dipakai sebagai media tanam baru pun, cocopeat dapat didaur ulang melalui proses tertentu.

Jual Cocopeat Biomassa Campuran Batu Bara untuk Pabrik Semen

Di samping kegunaannya sebagai media tanam, cocopeat juga mulai kerap difungsikan sebagai biomassa untuk bahan bakar alternatif. Berdasarkan bahan bakunya, cocopeat akan diolah menjadi jenis biomassa yang berupa bioetanol untuk kemudian dimanfaatkan sebagai biofuel.

Sebagaimana yang diketahui, sumber utama bahan bakar saat ini masih sangat bergantung dari fosil seperti dalam bentuk batu bara. Bahan ini pun sangat terbatas dan memerlukan waktu sangat lama untuk dapat diperbaharui. Padahal, cadangan batu bara semakin menipis, berbanding terbalik dengan permintaan masyarakat yang terus meningkat.

Maka dari itu, berbagai industri mulai menerapkan penggunaan biomassa seperti cocopeat sebagai sumber bahan bakar yang dipakai, termasuk Indonesia. Ketersediaan kebun kelapa di Indonesia yang sangat luas— bahkan terluas di dunia —menjadi salah satu faktor pendukung pemberdayaan cocopeat.

Salah satu industri yang telah cukup konsisten menggunakan biomassa sebagai bahan bakar alternatif adalah SIG Pabrik Tuban. Pabrik semen ini telah memanfaatkan biomassa sejak 2008 lalu. Tak cuma cocopeat, SIG Pabrik Tuban juga menggunakan limbah tembakau, serbuk gergaji, dan biji jagung sebagai biomassa-nya.

Pemanfaatan limbah organik sebagai bahan bakar alternatif sesungguhnya menawarkan solusi yang lebih luas. Di samping mengurangi ketergantungan dengan batu bara, ada dampak sosial yang diberikan melalui pemberdayaan petani dan warga sekitar.

Indococo (Indonesia Cocopeat) adalah salah satu supplier jual cocopeat biomassa campuran batu bara untuk pabrik semen. Dengan bahan serat kelapa yang berkualitas, cocopeat yang kami hasilkan pun memiliki mutu tinggi dengan standar ekspor.

Jika anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan coco peat, coco fiber dan produk turunan kelapa lainnya, silahkan klik link Whatsapp berikut untuk langsung terkoneksi dengan kami: (Fajar Stevano) atau email: [email protected]

Let's Chat
Hi, thank you for visiting our website, just hit Let's Chat button and tell me what can I do to help you :)